Makanan-makanan khas Thailand yang sangat mirip dengan makanan Indonesia. Apa saja?

3

Thailand merupakan salah satu negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara sama seperti Indonesia. Ternyata, selain terletak di wilayah yang sama, makanan Thailand juga memiliki cita rasa yang tidak beda juh dengan makanan Indonesia. Thailand dan Indonesia memiliki cita rasa yang tidak beda jauh seperti rasa asam, gurih, dan pedas yang menjadi ciri khas makanan di kedua negara tersebut.


Ada beberapa makanan tradisional Thailand yang sangat mirip dengan makanan tradisional yang ada di Indonesia, baik dari segi tampilan maupun dari segi rasanya.

Kira-kira makanan apa sajakah itu? Jangan kemana-mana dan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini,

1. Khanom fak bua (Kue cucur)


Di urutan pertama ada khanom fak bua yang merupakan sajian Thailand yang sangat mirip dengan 'kue cucur' yang ada di Indoneisa. Kedua makanan ini memiliki tampilan, cita rasa, dan tekstur yang sangat mirip.

Mungkin letak perbedaannya ada pada bahan bakunya. Orang Thailand memberi tambahan berupa pandan atau ubi ungu, sehingga bukan hanya manis, tetapi kue Thailand ini juga memiliki aroma yang harum.

2. Pad thai (Kwetiau goreng)


Selanjutnya ada pad thai yang memiliki tampilan begitu mirip dengan kwetiau goreng yang ada di Indonesia. Perbedaanya mungkin pada penggunaan udang kecil kering pada pad thai, sehingga menambah rasa gurih. Di samping itu, pad thai disajikan dengan tambahan cacahan kacang goreng, cabai bubuk, dan juga kucai.

3. Pa thong ko (Kue apem)


Kue apem ternyata bukan hanya ada di Indonesia, di Thailand juga ada kue apem. Namun namanya bukan kue apem, melainkan pa thong ko.

Kue tradisional ini memiliki banyak kemiripan dengan kue apem yang ada di Indoneisa, baik dari segi tampilan, tekstur, sampai rasanya juga sangat mirip. Hanya saja, perbedaannya di Thailand lebih sering menyajikan kue apem tidak dengan taburan parutan kelapa.

4. Hak muk (Pisang epe)


Di Indonesia tepatnya di Makassar ada pisang epe, di Thailand juga ada, namun dengan nama hak muk.

Bedanya, pisang epe di Makassar biasa disajikan dengan aneka topping manis seperti kuah kinca gula merah. Sedangkan, di Thailand diberi topping berupa siraman kuah karamel kuning.

5. Khao pad (Nasi goreng)


Urutan terakhir ada khao pad, yakni sebutan untuk sajian nasi goreng versi Thailand. Makanan ini memiliki cita rasa yang sama, hanya saja di Thailand lebih sering disajikan dengan tom yum.

Demikianlah makanan-makanan Thailand yang memiliki kemiripan dengan makanan-makanan yang ada di Indonesia. Apabila ada kesalahan atau kekeliruan kami dalam menyampaikan atau penulisan, boleh teman-teman sampaikan melalui kolom komentar yang ada di bawah. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.
Tags

Posting Komentar

3Komentar
  1. No. 1 persis banget sama kue cucur.. 😂😁

    *Duh jadi pengen makan kue itu 🤤😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, begitu persis dengan kue cucur makanan tradisional Indonesia.

      Hapus
  2. Wah ternyata mirip-mirip sama jajanan Indonesia ya kak

    BalasHapus
Posting Komentar